Friday, March 16, 2007

dengan segala kerendahan hati...

Kemarin, pekerjaan mengharuskan saya untuk googling untuk mencari naskah Undang-Undang Advokat dalam format word (.doc). Saya kemudian memulai pencarian dengan kata kunci “undang-undang nomor 18 tahun 2003 tentang advokat”. Pada halaman pertama hasil pencarian google tertulis bahwa ada 671 halaman dengan kata kunci tersebut (waktu pencarian tertulis, 0,8 seconds. Google memang luar biasa).

Beberapa naskah yang saya temukan dalam halaman pertama hasil pencarian adalah dalam bentuk .pdf, yang tidak bisa saya sunting. Memang ada yang dalam format .doc, tapi sayangnya hasil suntingannya sedemikian rupa sulit untuk saya sunting-ulang. Sayapun kemudian beralih ke halaman kedua hasil pencarian, tapi masih belum menemukan apa yang saya cari. Tapi, di halaman itu ada satu link yang menarik perhatian saya (link ke-18 dari 671). Itu adalah link ke salah satu artikel yang pernah saya tulis saat masih menjadi jurnalis di hukumonline.com, judulnya “Konsultan Hukum, Manusia Setengah Advokat”. Tapi, link yang di-grab google bukanlah link ke artikel saya di hukumonline.com, tapi ke blog ini, Si Ikan Besar. Ini agak mengejutkan, sekaligus menyenangkan.

Kurang lebih setahun lalu, saya pernah riset kecil-kecilan mengenai fenomena blog, khususnya blog seputar (isu-isu) hukum, dan hasilnya sudah saya tuangkan dalam artikel saya berjudul “Fenomena Blog dan Praktik Hukum di Internet” (dimuat di hukumonline.com). Dalam artikel itu antara lain saya menulis bahwa tidak mudah mempromosikan blog kita untuk dapat diakses blogger lain atau pengguna internet (surfer) secara luas. Juga tidak mudah untuk membuat blog yang kita asuh agar dapat ditangkap mesin pencari seperti Google atau Yahoo. Inilah yang membuat saya, sebagai blogger pemula, senang. Blog saya akhirnya bisa ditangkap Google.

Karena itu, dengan segala kerendahan hati, saya mengucapkan selamat kepada diri saya sendiri. Semoga dengan pencapaian sederhana ini, saya tambah bersemangat untuk aktif nge-blog, dan mudah-mudahan apa yang saya tulis di sini dapat memberikan manfaat, walaupun sedikit, kepada para pembaca.

Salam,

amrie

1 comment:

Anonymous said...

wah... selamat ya!! '^-^' mudah-mudahan bisa memotivasi para blogger buat rajin nulis kaya kamu..!