Friday, January 16, 2009

cantik itu...

cantik itu putih... hatinya.
cantik itu manis... tutur katanya.
cantik itu halus... perangainya.
cantik itu tinggi... budi pekertinya.

cantik itu baik... prasangkanya.
cantik itu indah... perspektifnya.
cantik itu lurus... niatnya.
cantik itu berkilau... kesederhanaannya.

cantik itu murah... senyumnya.
cantik itu mahal... cemberutnya.
cantik itu mudah... maafnya.
cantik itu susah... marahnya.

cantik itu banyak... syukurnya.
cantik itu sedikit... butuhnya.
cantik itu dekat... kasihnya.
cantik itu jauh... bencinya.

cantik itu sempurna...
...dalam ketidaksempurnaannya.

cantik itu mengetahui...
...bahwa dia tidak cantik.
cantik itu mengetahui...
...bahwa kecantikan bukanlah segala-galanya.
cantik itu mengetahui...
...bahwa kecantikan bukanlah tujuan.
cantik itu mengetahui...
...bahwa kecantikan adalah alat
untuk membagi sebanyak mungkin
kebaikan bagi sebanyak mungkin orang.

15 comments:

kamila said...

kata orang, cantik itu relatif....
tapi kenapa kaum pria lebih senang dengan wanita berparas cantik walau mereka belum tau sifat dan akhlaknya??

dasilia said...

setuju sama Mba Kamila ^_^, selanjutnya terserah Anda...

Amrie Hakim said...

@ kamila:
terus terang, saya bingung luar biasa dan tidak bisa memahami pendapat di atas krn satu dan lainnya, menurut saya, saling berlawanan.

satu sisi, kamila bilang "kata orang, cantik itu relatif.... ". tapi kemudian kamila bertanya, "tapi kenapa kaum pria lebih senang dengan wanita berparas cantik walau mereka belum tau sifat dan akhlaknya??"

kalimat pertama ("kata orang, cantik itu relatif.... ") menunjukkan bahwa kamila menyadari relatifitas kecantikan (wanita). di sisi lain, kalimat itu juga menunjukkan ketidakmampuan kamila mendefinisikan apa/seperti apa (wanita) "cantik" itu.

meski tidak bisa mendefinisikan arti "cantik" kamila tidak ragu-ragu lagi menyimpulkan bahwa "cantik" itu PASTI berhubungan dgn "paras" (fisik) wanita. berbekal pemahaman itu, kamila kemudian melontarkkan pertanyaan yg sifatnya menyimpulkan (menyimpulkan bahwa kaum pria -- SEMUA PRIA -- lebih senang dengan wanita yang fisiknya "cantik" -- padahal kamila belum tahu benar apa/seperti apa "cantik" itu).

kalau saya boleh menduga, pemahaman kamila mengenai "cantik" sudah teracuni oleh imej kaum industri/pedagang mengenai "kecantikan". "cantik" menurut iklan = putih, tinggi, langsing, dada besar, bokong montok, dll. apakah ini yg dimaksud "berparas cantik" oleh kamila? tahukah kamila bahwa imej/definisi "cantik" yg demikian rupa merupakan kampanye yg dilakukan pedagang utk menjual produk2nya? bukankah terbuka lebar pilihan bagi kita utk tidak tunduk pd definisi "cantik" para pedagang itu? bukankah kita juga selalu bisa membuat definisi sendiri mengenai "cantik"?

kamila dear, "cantik", mnrt saya, adalah masalah perspektif/sudut pandang saja. cara paling mudah buat saya utk menjelaskan ini adalah melalui salah satu dialog dari film "Shallow Hal" berikut ini:

[after Mauricio broke Hal's spell]
Hal: Okay, who do you think is the most beautiful woman in the world?
Mauricio: Wonder Woman.
Hal: Okay... let's say everyone else in the world thought Wonder Woman was ugly.
Mauricio: It wouldn't matter. Because I know they'd be wrong.
Hal: See! That's what I had with Rosemary! I saw a knock out, I don't care what anybody else saw!

wallahu alam.

noerce said...

replying to Mbak kamila bisa jadi satu postingan lagi mas...

Apapun, cantik musti dilihat, bibit, bobot, bebet...hehe

kamila said...

waduh... penulis mewakili ungkapan hati jutaan kaum pria rupanya... peace ah... :b

kamila said...

setuju dengan mba nur... maka dari pada itu (terutama pria) kalo liat wanita cantik jangan "suit suit" duluan tapi harus dilihat dr bibit, bebet, bobotnya..

dasilia said...

:), sepertinya kita harus nonton film Shallow Hal jg. Ukie rasa, perempuan jg kl menilai pria 'ganteng' bukan krn fisik semata bukan...

Tapi ya mang sepertinya pria dan wanita pny perspektif yg berbeda soal cantik'... jd sah-sah saja kan kl berbeda... ^_^ peace jg aahhh...

AHEAD said...

kalo cantik definisinya kayak gitu indahnya... saya juga pengen jadi cantik.....

floria said...

Kalu lagi jatuh cinta biasanya jg nggak peduli apa kata orang mengenai orang yang kita cintai. Mau kata orang, seseorang yg kita cintai bgini2, nggak peduli. Soalnya kita cinta sm dia. Tetep aja dimata kita seseorang itu ttp cantik, ttp ganteng, ttp baik, dll deh.

Amrie Hakim said...

@ dasilia:
saya hanya memberikan sudut pandang lain mengenai "cantik". bahwa orientasi "cantik" dr sisi fisik/paras itu tdk saja menipu tapi juga sifatnya sementara sekali.

@ noerce:
nur boleh jadi benar..

@ putri:
saya juga begitu :)

@ floria:
pada akhirnya, kita hanya perlu cantik di mata orang yg kita cintai yg mana dia tdk terlalu peduli apakah kita "cantik" atau tidak krn dia melihat kecantikan kita yg lain... :)

www.katobengke.com said...

salam kenal boleh tah........
pls dong
boleh yah......

Anonymous said...

Cantik itu relatif, jelek baru absolut

staff google said...

cewek cantik itu banyak
cewek baik dan sholeh itu sedikit

gw milih cewe baik aja ...

salam

Fera said...

Cantik itu definisinya merujuk kearah perempuan

Kalau sedang dimabuk cinta,
Biar kehilangan akal sehat sekalipun,
Adakah perempuan yang lebih cantik dibanding dia??

girlpower said...

pandangan pertama biasanya begitu menggoda, walo waktu akhirnya membuat kita menyadari bahwa seseorang tsb tdk seperti yg kita harapkan, tapi pada akhirnya toh cantik kdg mematahkan semua perspektif kita pada perempuan yg identik dg kata 'cantik'... yg bisa membuat laki2 mabuk kepayang menjadi 'hilang kesadaran' akan siapa diri dia sebenarnya.